Friday, March 23, 2018

Tipe Bus Pariwisata Menurut Ukuran, Mulai dari Kecil, Sedang Hingga Besar



Bus pariwisata adalah transportasi untuk membawa penumpang ke suatu destinasi berlibur. Ia memiliki ukuran dan kapasitas yang beragam.
Tipe-Tipe Bus Pariwisata Menurut Ukuran
Pasti Anda pernah melihat atau menaiki bus ketika bepergian ke tempat wisata. Bila dibandingkan dengan transportasi sejenis yang hilir mudik di jalanan, bus tersebut lebih istimewa. Selain dibekali berbagai fasilitas, ia juga tersedia dalam beraneka tipe yang menurut ukurannya dibagi menjadi:
Mini Bus
Dimensi bus ini adalah 501,5 cm x 305 cm x 169,5 cm, sehingga hanya mampu menampung 21-25 penumpang dewasa. Mini bus biasanya didesain untuk muatan eksekutif serta lebih memprioritaskan kenyamanan para penumpang. Dengan ukurannya yang tidak terlalu besar, akan mempermudah dalam mencapai objek wisata di Indonesia.
Tarif sewa bus berukuran mini tersebut lebih murah daripada tipe yang lain. Jadi, bila rombongan Anda berjumlah 20an orang, bisa menyewa mini bus karena lebih hemat biaya, tapi tetap nyaman.
Medium Bus
Ukuran alat transportasi ini lebih besar dibanding mini bus, dengan dimensi 779 cm x 260 cm x 225 cm. Ia bisa menampung lebih banyak penumpang, yakni 31-33 orang dewasa. Meski berukuran sedang, namun medium bus dapat menjangkau objek wisata di beberapa kota di Nusantara yang akses jalannya cukup sempit.
Biaya sewa yang dikenakan tentu lebih mahal daripada bus sebelumnya. Tapi, apabila rombongan tidak lebih dari 30an orang, sebaiknya Anda memilih medium bus.
Big Bus
Tipe yang terakhir ialah big bus. Sesuai namanya, ukuran kendaraan tersebut paling besar di antara semua bus pariwisata. Dengan dimensi 1.211,4 cm x 246 cm x 287,7 cm, ia dapat memuat penumpang sampai 50an orang.
Biasanya, bus tipe ini dipilih oleh sekolah-sekolah yang ingin mengadakan study tour ke luar kota karena kapasitasnya lebih banyak. Tapi, ia mempunyai kekurangan, yakni sulit mengakses lokasi-lokasi wisata yang jalurnya sempit. Sehingga, terkadang harus parkir di area yang cukup jauh dari destinasi.
Untuk harga sewanya sendiri memang mahal, namun penumpang akan merasa nyaman selama perjalanan.
Sekian informasi mengenai tipe bus untuk berwisata. Semoga Anda bisa mendapatkan bus pariwisata yang tepat untuk pelesir ke luar kota.

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

About

Blog ini sebagai sarana Publikasi dan promosi Objek Wisata, diharapkan dengan adanya blog ini bisa menjadi sebuah informasi yang dibutuhkan sebelum anda memutuskan untuk liburan, selain itu bagi anda para mengusaha Travel Agent dan EO bisa sebagai sarana publikasi Jasa anda.